UMKM BRI

Pandemi COVID-19 yang tidak kunjung usai memang mengakibatkan banyak sektor mengalami penurunan produktivitas. Banyak sektor ekonomi dunia yang lumpuh akibat kebijakan pembatasan kegiatan yang diberlakukan guna menghambat penyebaran virus COVID-19. Pemerintah pun menjalankan berbagai kebijakan dalam bentuk jaring sosial dalam bentuk bantuan dana kepada para pemilik usaha UMKM demi menjaga agar roda perekonomian negara terus berjalan. Salah satunya adalah UMKM BRI. Pinjaman UMKM bri ini diperuntukkan bagi badan usaha kecil dan menengah yang membutuhkan suntikan dana untuk modal maupun operasional selama masa pandemi. Dengan adanya layanan pendanaan bri UMKM ini diharapkan pelaku bisnis memiliki modal lebih dalam menjalankan usahanya. Sehingga, dampak kerugian selama masa pandemi dan PPKM akibat COVID-19 bisa diminimalisir. Berikut adalah berbagai informasi menarik seputar pinjaman bantuan bri UMKM yang penting untuk diketahui.

Tentang Bantuan UMKM BRI

Bantuan Produktif Untuk Usaha Mikro (BPUM) adalah program UMKM BRI yang diperuntukkan bagi para pelaku usaha mikro yang saat ini sedang berusaha bertahan di tengah-tengah deraan pandemi COVID-19. Bagi Anda yang terpilih untuk menjadi penerima bantuan UMKM BRI ini, akan dapat memperoleh dana bantuan BLT dari pemerintah sebesar Rp 1,2 juta. Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan UMKM bank bri ini, bisa membuat pengajuan secara online yang tentunya akan sangat memudahkan Anda. Anda jadi tidak perlu berpanas-panas untuk datang ke lembaga atau Bank BRI yang bersangkutan untuk mengajukan pendaftaran. 

Di tahun 2021 ini, bahkan Anda juga bisa cek UMKM bri secara online. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pemerintah dan Bank BRI ini tentunya membuat Anda semakin bersemangat untuk mengajukan pinjaman ini. Selain itu, bapak Presiden Joko Widodo juga menjanjikan bahwa bantuan UMKM BRI berjumlah Rp 15,3 trilyun akan dibagikan kepada kurang lebih 12,8 pelaku UMKM yang tersebar di seluruh tanah air. Ini artinya, peluang Anda untuk mendapatkan suntikan dana modal untuk UMKM pun akan semakin meningkat. 

Syarat Mengajukan Bantuan UMKM BRI 

Bantuan BPUM UMKM BRI memang tersedia untuk semua pemilik usaha mikro yang ada di Indonesia. Namun, bagi anda yang ingin daftar UMKM BRI, tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Hal ini untuk membantu menjamin agar pihak bank lebih cepat dalam menyetujui pengajuan pinjaman yang Anda kirimkan. Berikut adalah persyaratan untuk mendaftar UMKM dari Bank BRI:

  • Pemohon merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Memiliki bentuk usaha mikro
  • Tidak berprofesi sebagai ASN, pegawai BUMN / BUMD, TNI, dan Polri
  • Anda tidak sedang menerima bantuan kredit maupun bentuk bantuan pembiayaan lain dari bank BRI atau perbankan lain
  • Anda juga tidak menerima dana bantuan KUR maupun BPUM di periode sebelumnya
  • Melampirkan dokumen KTP sebagai persyaratan dokumen wajib
  • Menyertakan surat usulan calon penerima BPUM dari pihak pengusul bantuan BPUM lengkap dengan lampirannya

Cara Mengajukan Bantuan UMKM BRI

Setelah semua persyaratan yang dibutuhkan sudah terkumpul, barulah Anda bisa mengajukan pinjaman dana UMKM BRI. Cara daftar UMKM bri untuk masing-masing daerah memang berbeda-beda. Walaupun kesemua daerah tersebut sama-sama menawarkan cara daftar UMKM bri online. Anda harus mengikuti prosedur yang diminta secara tertib dan tepat. Hal tersebut agar membantu pencairan dana bantuan UMKM menjadi lebih cepat. 

Cara MengeCek UMKM BRI

Setelah Anda mendaftar untuk mendapatkan UMKM BRI, tentunya kini saatnya berharap-harap cemas untuk menunggu apakah Anda termasuk ke dalam kandidat penerima bantuan ini. Umumnya, pihak-pihak dengan pengajuan yang diterima akan mendapatkan SMS langsung dari Bank BRI. Namun, seandainya Anda tidak mendapatkan SMS, jangan lantas berkecil hati. Karena bisa saja operator melewatkan nomor Anda, atau SMS tersebut masuk ke dalam kotak SPAM. Selain menanti pesan SMS, Anda juga bisa mengetahui cara untuk mengecek calon penerima bantuan UMKM dari Bank BRI dengan langkah-langkah berikut:

  • Kunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum, atau copy paste alamat website tersebut pada kolom pencarian browser Anda
  • Selanjutnya, isi formulir yang kosong dengan nomor KTP Anda dan kode verifikasi
  • Lanjutkan dengan menekan tombol “Proses Inquiry”

Apabila Anda termasuk ke dalam daftar penerima UMKM BRI, maka nanti akan muncul pemberitahuan yang muncul dari website tersebut.