Kredit Usaha Rakyat BRI

Bagi Anda yang memiliki usaha, kondisi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini tentunya memberikan pukulan berat bagi kegiatan usaha yang dijalani. Banyak pengusaha yang terpaksa gulung tikar akibat minimnya dana modal maupun biaya operasional. Namun, Anda tidak harus bernasib yang sama. Terlebih, karena Bank BRI dan pemerintah menjalin kerjasama untuk memberikan layanan pinjaman kredit usaha rakyat BRI. Jenis pinjaman yang juga lebih akrab disebut dengan KUR ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah dalam menjaga agar roda perekonomian lewat usaha UMKM terus berjalan. Adanya layanan pinjaman kredit usaha rakyat bri ini tentunya menjadi angin segar bagi semua pengusaha kecil dan menengah di Indonesia. Berikut adalah berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai layanan kredit usaha rakyat bank bri berikut ini.

Jenis-jenis KUR Kredit Usaha Rakyat Bank BRI 2022

Tahukah Anda bahwa Bank BRI menawarkan 3 jenis layanan kredit usaha rakyat BRI. Jenis KUR dari Bank BRI tersebut antara lain:

  • KUR Mikro BRI

Jenis kredit usaha rakyat BRI satu ini merupakan jenis kredit modal kerja yang memiliki besaran pinjaman hingga sebesar Rp 50 juta rupiah untuk masing-masing debitur. KUR Mikro ini terbagi lagi menjadi 2 jenis layanan pinjaman kredit, yaitu KMK atau KRedit Modal Kerja dan Kredit Investasi. Kredit Modal Kerja memiliki masa tenor hingga 3 bulan yang diberlakukan untuk masing-masing pihak debitur. Sedangkan, Kredit Investasi memiliki masa tenor hingga 5 tahun. Untuk masing-masing jenis pinjaman, Anda bisa memperoleh tambahan suku bunga 6% tiap tahun, atau suku bunga flat sebesar 0,2% tiap bulan. Anda akan dibebaskan dari biaya administrasi serta dana provisi.

  • KUR Super Mikro BRI

KUR Super Mikro merupakan jenis kredit usaha rakyat BRI yang baru saja dicanangkan oleh pemerintah Indonesia di tahun 2022. Tujuan dari diluncurkannya KUR BRI ini adalah untuk membantu mendukung kegiatan wirausaha UMKM yang dilakukan oleh masyarakat. Tak hanya itu, dana KUR Super Mikro ini juga bisa digunakan oleh ibu rumah tangga maupun mantan pegawai yang baru saja mengalami masa PHK dan ingin mendirikan usaha potensial. 

 

Pinjaman dana dari Bank BRI ini hadir dengan pilihan plafon pinjaman hingga 10 juta rupiah dengan suku bunga efektif sebesar 6% tiap tahun. Pinjaman kredit usaha rakyat BRI ini juga hanya membutuhkan jaminan dalam bentuk usaha yang tengah dilakukan tanpa memerlukan jaminan tambahan. Agar dapat memperoleh dana KUR ini, pihak pemohon harus sudah memiliki bentuk usaha minimum 6 bulan sebelum pengajuan. 

 

Namun, keringanan diberikan kepada pendiri usaha yang terdiri dari pegawai PHK yang menjalankan usahanya dalam hitungan kurang dari 3 bulan. Untuk kandidat tersebut diwajibkan untuk mengikuti program pendampingan atau bergabung dengan komunitas UMKM. Jika Anda sudah pernah menerima program KUR dari Bank BRI maupun dari bank lain, maka pengajuan untuk KUR Super Mikro ini akan ditolak. 

  • KUR TKI (Tenaga Kerja Indonesia)

Jenis kredit usaha rakyat BRI yang terakhir adalah KUR TKI. Jenis Kredit Usaha Rakyat ini diperuntukkan khusus bagi para calon pahlawan devisa. Biaya KUR ini akan digunakan untuk membiayai keberangkatan para calon TKI hingga sampai ke negara penempatannya. Bagi Anda yang menjadi calon TKI dan belum mendapatkan dana modal awal untuk akomodasi di negara penempatan yang ditunjuk dapat mengajukan jenis KUR ini. Untuk masing-masing calon TKI yang mendapatkan dana KUR ini akan memperoleh suntikan dana hingga sebesar Rp 25 juta. 

 

Untuk mendapatkan dana kredit usaha rakyat BRI ini, ada beberapa persyaratan yang wajib untuk dipenuhi. Antara lain:

  • Anda memiliki status sebagai calon TKI yang akan melakukan keberangkatan ke negara tujuan tempat Anda akan dipekerjakan
  • Melampirkan dokumen persyaratan untuk administrasi, yaitu: KTP, Kartu Keluarga, Passport, Surat Perjanjian Penempatan, dan Surat Perjanjian Kerja dengan agensi penyedia jasa TKI

Demikianlah ulasan mengenai kredit usaha rakyat BRI yang menarik untuk Anda ketahui. Tentu saja, Anda perlu memilih jenis KUR BRI yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk melampirkan semua persyaratan lengkap untuk memperlancar proses pengajuan. Semoga, informasi di atas bisa membantu Anda dalam memperoleh dana KUR yang diperlukan.