Kartu Mastercard

Bagi Anda yang merupakan nasabah pemegang kartu ATM pastilah familier dengan jenis kartu Mastercard. Kartu ATM Mastercard merupakan jenis kartu ATM dengan cetakan logo Mastercard di permukaan kartu tersebut. Mayoritas bank-bank di Indonesia, seperti Bank BRI dan bank-bank dunia umumnya sering meluncurkan produk kartu debit maupun kartu kredit dengan logo Mastercard. Bagi Anda yang memegang kartu ini dapat memperoleh berbagai macam keuntungan. Mastercard menawarkan berbagai macam fitur-fitur menarik yang ditujukan untuk mempermudah Anda. Berikut adalah berbagai hal yang penting untuk Anda ketahui mengenai kartu Mastercard dan berbagai manfaatnya.

Tentang Kartu Mastercard 2021

Kartu Mastercard merupakan jenis kartu ATM yang diluncurkan oleh perusahaan Mastercard Incorporated yang berasal dari Amerika Serikat. Sebagai sebuah perusahaan keuangan ternama, Mastercard meluncurkan berbagai macam produk kartu debit dan kartu kredit yang bekerjasama dengan jutaan merchant yang tersebar di seluruh dunia. Tak hanya itu, Mastercard juga bekerjasama dengan bank-bank di Indonesia yang menawarkan fitur-fitur pelayanan dari perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki kartu berlogo Mastercard.

  • Kartu Mastercard hadir dengan berbagai penawaran promo dan fitur-fitur menarik yang mempermudah kegiatan transaksi Anda
  • Kartu berlogo Mastercard juga bisa digunakan untuk berbelanja di berbagai merchant di penjuru dunia yang tergabung di dalam jaringan Mastercard. Anda juga bisa berbelanja secara online di merchant tersebut dengan menggunakan kartu ini sebagai metode pembayaran

Perbedaan Kartu Mastercard dan GPN

Kartu Mastercard bukanlah satu-satunya kartu ATM yang digunakan di Indonesia. Bank-bank Indonesia, seperti Bank BCA, BNI, dan Bank BRI juga menawarkan jenis kartu ATM lainnya, yaitu kartu Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN. Walaupun memiliki desain kartu yang nyaris sama, fitur-fitur yang ditawarkan kartu Mastercard dengan kartu GPN sudah pasti berbeda. Oleh karena itu, jangan sampai Anda salah memilih. Berikut adalah bedanya mastercard dan gpn:

  • Keleluasaan Transaksi

Salah satu perbedaan mastercard dan gpn yang utama terletak pada keleluasaan dalam bertransaksi. Baik kartu ATM Mastercard dan GPN memang sama-sama bisa digunakan di merchant yang menyediakan alat pembayaran EDC dari bank yang dimiliki nasabah. Dengan menggunakan kartu ATM tersebut, Anda bisa melaksanakan pembayaran non-tunai atau cashless. 

 

Namun, pemilik kartu ATM GPN tidak bisa melakukan kegiatan transaksi saat berada di luar negeri. Pasalnya, kartu ATM GPN hanya menyediakan layanan pembayaran di merchant lokal saja. Selain itu, kartu GPN juga tidak bisa digunakan untuk berbelanja secara online. Anda hanya bisa menggunakan kartu ATM ini untuk kegiatan belanja dengan menggunakan mesin EDC. 

 

Sebaliknya, kartu Mastercard mendukung kegiatan belanja di berbagai merchant di luar negeri. Keistimewaan ini berlaku untuk jenis kartu Mastercard debit maupun kartu Mastercard kredit. Bagi Anda yang gemar berbelanja ke luar negeri, sangatlah disarankan untuk menggunakan kartu ATM ini. Tak hanya itu, kartu Mastercard juga mendukung kegiatan transaksi secara online. Apabila Anda termasuk sering menggunakan layanan belanja online, kartu Mastercard ini bisa mengakomodasi semua kebutuhan belanja.

  • Fitur Limit Kartu

Bagi Anda yang ingin mendaftar untuk memiliki kartu debit, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dulu limit kartu yang ditawarkan masing-masing kartu Mastercard maupun kartu GPN. Misalnya, kartu debit bni mastercard dan kartu debit BNI GPN sudah tentu berbeda. Begitupula, perbedaan kartu atm bca gpn dan mastercard. Umumnya, limit dari kartu jenis Mastercard memang lebih besar dibandingkan jenis kartu GPN. Misalnya, kartu debit BNI Silver Mastercard dan GPN memiliki limit yang berbeda. 

Cara Mengaktifkan Mastercard BRI yang Terblokir

Kartu Mastercard BRI Anda bisa saja diblokir karena beberapa hal. Misalnya, karena pihak bank mendeteksi adanya aktivitas yang mencurigakan di dalam rekening Anda. Langkah pemblokiran ditujukan untuk melindungi rekening debit BRI Anda dari pihak-pihak yang ingin meretas ke dalamnya. Untuk mengaktifkan kembali kartu BRI Anda yang terblokir, simak langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, unduh aplikasi BRIMo dan lakukan registrasi
  • Masuk ke dalam menu “Rekening”
  • Lanjutkan dengan menekan tombol “Opsi” atau “Options” yang terletak pada bagian pojok kanan atas aplikasi
  • Pilih menu “Non-aktifkan Kartu”
  • Dan geser menu “toggle” yang ada pada laman yang sama ke arah “Enable”

Tekan “OK” untuk menyelesaikan proses. Kartu Mastercard Anda pun sudah bisa digunakan kembali.