Daftar UMKM

Bagi rakyat Indonesia, UMKM adalah sektor usaha rakyat yang berperan besar dalam menggerakkan roda perekonomian bangsa. Dengan banyaknya daftar UMKM yang ada di Indonesia, tak heran jika sektor ini menjadi salah satu jaring penyelamat bagi perekonomian Indonesia di berbagai kesempatan. Ketangguhan UMKM di Indonesia pun terbukti saat krisis ekonomi dan dampak dari kerusuhan 1998 dimana hampir semua perusahaan besar terpaksa gulung tikar akibat kekurangan pendanaan dan kehilangan pegawai. Sebaliknya, di masa-masa sulit itu, usaha UMKM tetap tumbuh dan berkembang. Hingga, pada akhirnya Indonesia pun terlepas dari ancaman resesi.

Melihat efektivitas UMKM dalam memutar roda perekonomian, pemerintah pun menggantungkan harapan pada sektor usaha rakyat ini selama pandemi COVID-19 menerjang Indonesia. Hal tersebut terbukti dari banyaknya dana bantuan UMKM yang digelontorkan oleh pemerintah untuk daftar UMKM yang membutuhkan bantuan dana. Jumlah bansos UMKM tersebut tentunya akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan modal lebih untuk perputaran barang. Berikut adalah berbagai hal yang waib Anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman bantuan UMKM online.

Syarat Sebelum Membuat Pengajuan Bantuan UMKM

Sebelum Anda mengajukan untuk menerima dana blt UMKM, alangkah baiknya untuk mengetahui ulasan persyaratan yang diminta oleh pihak bank selaku penyalur dana. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menghabiskan waktu untuk melengkapi data yang kurang, atau untuk mencegah segala usaha yang dikerahkan menjadi sia-sia akibat permintaan pendanaan Anda ditolak karena tidak memenuhi kriteria. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan dana bantuan:

  • Calon penerima bantuan UMKM harus berkewarganegaraan Indonesia
  • Calon penerima bantuan juga harus memiliki usaha UMKM
  • Usaha UMKM tersebut sudah harus ada di dalam daftar UMKM agar bisa mendapatkan bantuan dana
  • Pelaku usaha UMKM bukan merupakan staf aparatur negara, ASN, maupun pegawai BUMN / BUMD
  • Calon penerima juga tidak sedang mendapatkan dana bantuan, KUR, atau mendapatkan BLT UMKM sebelumnya
  • Melampirkan kartu identitas berupa KTP dan Surat Keterangan Usaha (SKU). Dokumen ini diperuntukkan bagi pemilik usaha yang memiliki alamat KTP berbeda dari lokasi usahanya.

Cara Daftar UMKM

Seperti yang diulas secara singkat di atas, salah satu persyaratan untuk menjadi kandidat bantuan BLT UMKM adalah dengan mendaftarkan UMKM Anda. Untungnya, cara daftar UMKM relatif sangat mudah. Karena, Anda bisa daftar UMKM secara online. Berikut adalah cara daftar blt UMKM online yang penting untuk Anda ketahui:

  • Kunjungi situs https://oss.go.id dan lakukan registrasi bagi Anda yang belum memiliki akun. Apabila Anda sudah memiliki akun, maka yang perlu dilakukan cukup melakukan login ke dalam akun saja
  • Pada laman yang muncul setelah Anda login, masuklah ke dalam menu “Perizinan Berusaha”. Selanjutnya, klik opsi menu “Perseorangan”
  • Setelah itu, bagi Anda yang memiliki usaha UMKM berjenis mikro perseorangan, maka pilih menu Pendaftaran NIB Perseorangan Mikro”. Sedangkan, bagi Anda yang memiliki tipe usaha UMKM usaha kecil, maka pilih opsi “Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil
  • Pada laman tersebut, isi kolom yang ada dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Nomor Izin Usaha (NIU)
  • Jangan lupa untuk mengisi formulir data diri yang tersedia dengan informasi yang benar dan sesuai
  • Setelah memastikan semua data yang Anda masukkan sudah benar, klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan yang sudah Anda lakukan
  • Selanjutnya, klik tombol “Lanjut” untuk menuju ke laman Formulir Data Usaha
  • Di dalam formulir tersebut, Anda hanya perlu memasukkan jenis usaha yang dimiliki. Caranya adalah dengan menekan tombol “Tambah Usaha”
  • Setelah itu, masukkan data mengenai nama dan bentuk usaha yang Anda miliki
  • Setelah semua space kosong terisi, barulah klik “Simpan” dan klik tombol “Lanjut”. Ulangi langkah yang sama jika Anda memiliki jenis usaha yang banyak dan ingin didaftarkan untuk menerima bantuan BLT
  • Isi formulir permohonan “Izin Lokasi dan Izin Lingkungan” yang ditawarkan oleh badan Komitmen Prasarana Usaha. Setelah formulir ini terisi dengan informasi yang tepat, klik tombol “Lanjut”
  • Pada laman konfirmasi, pastikan data-data yang sudah diisi seluruhnya sudah tepat. Lanjutkan dengan memberikan tanda centang pada bagian kotak disclaimer, dan klik tombol “Proses NIB”.

Cara MengeCek Blt UMKM

Bagi Anda yang sudah daftar UMKM, Anda akan mendapatkan pesan SMS dari pihak Bank BRI atau Bank BNI apabila Anda termasuk ke dalam daftar calon penerima BLT. Anda akan diminta untuk datang ke bank untuk melakukan verifikasi dan konfirmasi untuk pencairan dana. Atau, Anda juga bisa mengunjungi situs https://eform.bri.co.id/bpum milik Bank BRI atau https://banpresbpum.id/ untuk Bank BNI.