Bantuan UMKM

Di tengah-tengah himpitan pandemi COVID-19 yang berlangsung mulai dari awal tahun 2020 hingga tahun 2022, tentunya banyak sekali sektor ekonomi yang dirugikan. Ditambah lagi dengan adanya keputusan untuk membatasi ruang gerak masyarakat yaitu PPKM, yang walaupun efektif dalam menurunkan angka penularan COVID-19, namun cukup memukul telak berbagai sektor usaha yang sudah terlihat lesu. Untuk membuat para pelaku UMKM agar lebih bergairah dalam menjalankan usahanya, pemerintah pun mencanangkan banyak sekali program bantuan UMKM

Pemerintah membuat 3 jenis daftar bantuan UMKM yang tersedia di tahun 2022 ini, yaitu: BLT UMKM, PEN, dan BPUM yang ketiga-tiganya disalurkan lewat bank berpelat merah, yaitu Bank BRI dan Bank BNI. Bagi Anda yang belum mendapatkan bantuan dana dari pemerintah sama sekali, inilah kesempatan emas yang tidak boleh dilewatkan. Terlebih lagi, layanan pinjaman ini memiliki cara daftar blt UMKM online yang sangat sederhana. Anda bisa daftar blt UMKM online cukup dari rumah saja. Selain itu, metode atau cara daftar blt UMKM secara online juga bertujuan untuk membantu mencegah terjadinya kerumunan. Berikut adalah berbagai hal menarik yang wajib Anda ketahui sebelum daftar penerima bantuan UMKM.

Syarat Daftar BLT UMKM

Perlu diketahui bahwa pemerintah memang menggelontorkan dana hingga puluhan trilyun rupiah untuk menyediakan dana bantuan UMKM bagi para pelaku usaha kecil dan menengah yang membutuhkan. Namun, tentunya tidak semua penggiat UMKM bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah ini. Hanya Anda yang mengikuti cara daftar bantuan UMKM yang tepat sajalah yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan dana bantuan ini. Berikut adalah beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mengajukan dana blt untuk UMKM dari pemerintah:

  • Anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Anda harus terdaftar sebagai pemilik usaha UMKM. Jenis usaha UMKM yang Anda lakukan pun juga harus masuk ke dalam daftar UMKM. Untungnya, cara daftar UMKM cukup sederhana dan bisa dilakukan secara online. 
  • Syarat lainnya untuk daftar blt UMKM adalah, Anda tidak boleh berprofesi sebagai abdi negara (ASN), anggota aparatur negara (TNI/Polri) maupun pegawai BUMN / BUMD
  • Tidak pernah atau tidak lolos mengikuti seleksi kartu prakerja
  • Anda juga bukan termasuk ke dalam kandidat penerima dana KUR maupun dana bantuan lainnya yang ditawarkan oleh pemerintah. Ini merupakan syarat dari cara daftar blt UMKM yang sangat penting. Pasalnya, dana bantuan UMKM tersebut terbilang masih tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang menjadi pelaku UMKM. Sehingga, pendanaan bantuan untuk sektor UMKM pun dibatasi agar semua penggiat UMKM mulai dari sektor mikro hingga menengah bisa mendapatkan manfaat dari pinjaman dana tersebut.
  • Syarat dari cara daftar bantuan UMKM online lainnya adalah dengan mEelampirkan KTP, Nomor Induk Kependudukan (NIP), dan SKU atau Surat Keterangan Usaha. Surat keterangan ini dibutuhkan apabila Anda memiliki lokasi usaha yang berbeda lokasi dari bangunan rumah Anda. Tanpa adanya dokumen tersebut, tentunya Anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan ara da

Cara Mendaftar Bantuan UMKM

Setelah membaca ulasan di atas, tentunya Anda menjadi lebih tahu mengenai apa saja persyaratan untuk mengajukan bantuan UMKM. Kini, Anda perlu mengetahui cara daftar UMKM bri secara offline. Namun, untuk kemudahan, Anda juga bisa mengajukan cara daftar online bantuan UMKM.

Bagi Anda yang ingin mengajukan bantuan UMKM, bisa langsung mendatangi bank penyalur, yaitu Bank BRI atau Bank BNI. Anda juga bisa mendatangi kantor Dinas Koperasi dan UMKM dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan. Namun, jika Anda terlalu sibuk atau tidak memungkinkan untuk mengurus secara online, bisa langsung mengikuti cara daftar bantuan UMKM seCara online

Untuk cara mendaftar UMKM seCara online sebenarnya sangatlah sederhana. Namun sebelumnya Anda harus mendaftarkan diri dan UMKM yang dikelola lewat situs oss.go.id. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu notifikasi SMS dari pihak bank maupun dinas terkait. Apabila Anda mendapatkan SMS tersebut, maka secara otomatis Anda terdaftar sebagai calon penerima bantuan UMKM. Yang dibutuhkan hanyalah datang langsung ke bank BRI atau BNI (tempat Anda melakukan pendaftaran UMKM) untuk konfirmasi dan mengambil dana bantuan UMKM tersebut.