Syarat Dan Cara Daftar Bansos UMKM 2022

Bansos UMKM menjadi salah satu upaya dari pihak pemerintah untuk menangulangi dampak dari pandemi seperti sekarang ini yang mana ada banyak sekali usaha atau bisnis yang mengalami kerugian bahkan harus tutup.

Cara daftar bansos UMKM atau daftar bansos UMKM memang mudah, tapi tidak semua para pelaku usaha bisa mendapatkan bansos UMKM bri yang mana memiliki ketentuan dan syarat tersendiri agar tidak salah sasaran.

pendaftaran bansos UMKM juga bisa anda lakukan dengan beberapa metode, termasuk salah satunya adalah bansos UMKM online yang mana anda tidak harus datang ke kantor dinas terkait untuk melakukan pendaftaran. Lalu apa saja yang menjadi syarat untuk bisa mendapatkan bansos UMKM bri tersebut? Kali ini kami akan mengulas beberapa hal terkait Bansos UMKM dan syarat untuk Cara daftar bansos UMKM. Berikut penjelasan lengkapnya.

Bansos UMKM

UMKM adalah salah satu pemyumbang dan pengerak ekonomi Indonesia, karena itu apabila banyak UMKM yang mengalami kerugian atau bahkan sampai harus menutup usahanya, maka pemerintah juga akan mengalami kerugian. Dengan adanya pandemi berkepanjangan seperti sekarang ini tentu ada banyak UMKM yang terpaksa tutup karena tidak lagi bisa bertahan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah melalui UMKM bansos pemerintah akan memberikan sejumlah bantuan uang tunai kepada mereka para pelaku UMKM agar tetap bisa menjalankan usahanya walau dalam keadaan pandemi. Tentu, tidak semua para pelaku UMKM akan mendapatkan bantuan tersebut, terlebih anda harus melakukan daftar bansos UMKM lebih dulu dan pihak pemerintah selanjutnya akan melakukan survei apakah anda masuk dalam kategori atau tidak.

Syarat daftar bansos UMKM

Bansos UMKM hanya bisa didapatkan oleh mereka yang masuk dalam syarat serta ketentuan yang berlaku. Beberapa ketentuan tersebut mengharuskan anda dan usaha anda masuk dalam kategori kelas mikro dan memiliki ijin resmi. Jadi, pendaftaran bansos UMKM tidak akan bisa anda dapatkan apabila usaha yang sedang anda jalankan masuk dalam kategori kelas kecil atau bahkan menengah. Karena yang menjadi sasaran hanyalah usaha kelas mikro saja.

Beberapa persyaratan untuk bisa mendapatkan bansos UMKM online adalah masuk dalam kategori mikro, jadi aset bersih setiap bulan tidak lebih dari Rp 50 juta. Apabila lebih dari nominal tersebut maka sudah masuk dalam kategori usaha kecil dan tidak akan bisa melakukan pendaftaran. Selayaknya usaha kelas mikro, usaha yang sedang anda jalankan adalah usaha rumahan yang anda jalankan sendiri atau bahkan dengan keluarga yang lain dan biasanya keuangan masih tercampur antara kebutuhan pribadi dan usaha.

Cara daftar bansos UMKM 

Bansos UMKM bisa anda dapatkan dengan beberapa metode yang mana pendaftaran bansos UMKM bisa anda lakukan dengan cara daftar secara langsung melalui dinas terkait dalam hal ini adalah Dinas Koperasi dan UMKM atau usaha anda mendapatkan usulan dari beberapa dinas yang lain. Apabila mendapatkan usulan, maka anda hanya perlu mengikuti setiap langkah saja dan daftar bansos UMKM akan jauh lebih mudah.

Tapi, kalau memang anda harus menggunakan daftar bansos UMKM secara langsung, maka anda cukup mendatangi kantor terkait tersebut dan menjelaskan tujuan anda. Selanjutnya pihak dinas terkait tersebut akan melakukan survei apakah usaha yang anda jalankan tersebut masuk dalam kriteria atau tidak. Apabila berhasil, proses pencairan dari pendaftaran bansos UMKM tersebut bisa anda lakukan melalui bank BRI dengan melakukan penjadwalan terlebih dulu. Apabila anda tidak melakukan penjadwalan, maka anda tidak bisa tiba tiba akan melakukan pancairan karena ada beberapa prosedur untuk melakukan hal tersebut terlebih ini adalah dana bantuan yang artinya segala transaksi akan diawasi oleh banyak lembaga yang terlibat.

Jadi, itulah beberapa hal mengenai Bansos UMKM dan bagaimana Cara daftar bansos UMKM termasuk persyaratan pendaftaran bansos UMKM yang pada dasarnya cukup mudah. anda sebagai pemilik usaha harus melakukan beberapa prosedur sebelum bansos UMKM online bisa anda dapatkan termasuk melewati beberapa survei dari dinas terkait agar dana bantuan tersebut tepat sasaran untuk mereka yang membutuhkan.