Cara mengisi pulsa listrik atau Cara mengisi token listrik gratis dan cara mengisi pulsa listrik lewat hp 2021

Cara Mengisi Pulsa Listrik

Kehidupan masyarakat modern memang sudah tidak bisa terpisahkan lagi dengan kebutuhan akan listrik. Dengan semakin banyaknya pengguna listrik di Indonesia, PLN hadir dengan pelayanan pulsa listrik. Kehadiran pulsa listrik ini menggantikan sistem tagihan listrik yang tentunya juga memberikan lebih banyak kemudahan bagi Anda. Dengan adanya sistem pulsa listrik ini, Anda jadi bisa menentukan sendiri besaran listrik yang digunakan sehari-hari di rumah maupun di tempat usaha. Cara mengisi pulsa listrik pun sangatlah sederhana. Berikut adalah berbagai cara mengisi token listrik yang sudah habis.

Cara Mengisi Token Listrik Sendiri

Apakah suara peringatan sudah mulai terdengar dari meteran listrik PLN Anda. Jika pulsa listrik tidak segera diisi, tentunya listrik di rumah Anda pun akan padam. Sehingga, aktivitas di dalam rumah pun akan menjadi terganggu. Untungnya, kini ada cara mengisi pulsa listrik lewat hp yang tentunya sangatlah cocok bagi Anda yang memiliki kesibukan padat. Simak langkah-langkah cara mengisi pulsa listrik berikut:

  • Cara Mengisi Pulsa Listrik lewat M-Banking

Bagi Anda yang memiliki aplikasi M-Banking, bisa melakukan cara mengisi pulsa listrik ini. Cara ini sangatlah praktis, karena Adna tidak harus ke luar rumah untuk membeli pulsa listrik di agen token listrik terdekat. Masing-masing layanan M-Banking tentunya memiliki cara mengisi token listrik pulsa yang berbeda-beda, walaupun kemungkinan tidak ada perbedaan yang terlalu mencolok. Berikut adalah langkah pengisian pulsa listrik yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan M-Banking Bank BCA:

  1. Buka aplikasi M-Banking BCA
  2. Selanjutnya klik menu “M-Commerce”
  3. Lanjutkan dengan menekan menu “PLN Prabayar”
  4. Pada kolom yang tersedia masukkan angka IDPEL atau angka meteran listrik PLN Anda
  5. Jangan lupa, masukkan nominal token listrik yang Anda inginkan
  6. Klik “OK” untuk mengonfirmasi pembelian dan melakukan pembayaran
  • Cara Mengisi Pulsa Listrik dengan Pulsa Smartphone

Cara mengisi pulsa listrik lainnya adalah dengan menggunakan pulsa smartphone yang Anda miliki. Cara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki pulsa hp berlimpah namun minim uang cash. Untuk melakukan metode ini, simak langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, pastikan bahwa Anda memiliki jumlah pulsa yang cukup untuk melakukan kegiatan transaksi ini. Anda juga harus memiliki aplikasi E-Wallet (OVO, Go-Pay, atau sejenisnya)
  • Apabila jumlah pulsa yang dimiliki cukup, barulah Anda bisa pergi mencari agen yang menawarkan pembelian pulsa token listrik dengan menggunakan pulsa smartphone. Untuk menemukan agen terdekat yang ada di domisili Anda, Anda bisa menggunakan layanan Google atau Google Maps
  • Hubungi nomor CS yang tercantum dan sampaikan keinginan Anda untuk menukar pulsa hp dengan token listrik 
  • Lakukan transfer pulsa dari nomor Anda ke nomor CS tersebut dengan nominal sesuai biaya yang ditentukan
  • Kirimkan bukti transfer tersebut ke pihak CS dan tunggu hingga CS mengirimkan saldo E-Wallet sejumlah pulsa yang Anda transfer. Saldo tersebut bisa Anda gunakan untuk membayar pulsa listrik.
  • Cara Mengisi Pulsa Listrik Gratis

Di tengah pandemi COVID-19 yang berlarut-larut, beberapa kalangan masyarakat menengah ke bawah dan penggiat UMKM mengeluhkan bahwa mereka tidak bisa membayar listrik akibat sulitnya mendapatkan pemasukan. Untungnya, pemerintah hadir dengan program token listrik gratis yang ditujukan untuk masyarakat kecil yang membutuhkan. Cara mengisi token listrik gratis ini sangatlah mudah. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah pertama, kunjungi terlebih dahulu situs resmi PLN di www.pln.co.id
  2. Lanjutkan dengan memilih menu “Pelanggan” dari pilihan yang tersedia
  3. Setelah itu, klik opsi “Stimulus COVID – 19 – Token Gratis atau Diskon”
  4. Untuk memastikan apakah Anda termasuk kandidat dalam menerima token listrik gratis ini, masukkan saja nomor meteran dan ID listrik PLN beserta data identitas pada kolom pencarian
  5. Klik tombol “Cari” untuk memulai pencarian. Pastikan Anda sudah meamsukkan kode captcha yang tepat
  6. Pilih voltase listrik gratis yang Anda inginkan, dan Anda akan mendapatkan kode token dari PLN
  7. Cara mengisi token listrik gratis yang terakhir, Anda hanya perlu memasukkan token tersebut ke dalam meteran yang ada di rumah maupun tempat usaha Anda.

Demikianlah langkah-langkah cara mengisi pulsa listrik yang tepat. Dengan adanya ulasan di atas, semoga Anda tidak lagi bingung dalam mengisi token listrik di rumah. Selamat mencoba dan semoga informasi ini memberikan manfaat.